Gunung Arjuno – Malang

www.tempatangker.comAlas Lali Jiwo, merupakan nama sebuah kawasan hutan yang paling terkenal di Gunung Arjuno. Hutan ini merupakan tempat angker yang banyak menelan korban pendaki. Sesuai namanya, banyak pendaki dikabarkan hilang di kawasan hutan angker ini karena tersesat. Namun kepercayaan setempat menyebutkan bahwa pendaki yang hilang di Alas Lali Jiwo ini hanyalah mereka yang memiliki niat buruk saat mendaki Gunung Arjuno.

Selain Alas Lali Jiwo, masih banyak kawasan lain yang  merupakan tempat angker di Gunung Arjuno. Salah satu contohnya adalah pasar setan yang bernama Pasar Dieng. Mitos yang ada menyebutkan bahwa pasar setan ini berlokasi di padang sabana yang dimiliki oleh Gunung Arjuno. Keramaian yang menjadi dimulainya kegiatan di pasar setan ini kerap kali terdengar di padang sabana ini pada sore hari, dimana malam mulai menjelang. Banyak pendaki dinyatakan hilang bahkan meninggal setelah “tertarik” dalam pasar setan ini.

Di Gunung Arjuno, Anda juga akan menjumpai banyak petilasan peninggalan jaman Kerajaan Singosari dan Majapahit di sepanjang jalur pendakian. Dijamannya, banyak dari petapa disana yang moksa, hidup diantara dua dunia. Karenanya, situs petilasan itu disebut sebagai tempat keramat. Warga meyakini, hingga masa sekarang petilasan keramat Gunung Arjuno dihuni oleh para petapa yang telah moksa.

Terakhir adalah peristiwa mistis Ngunduh Mantu yang konon merupakan ritual gaib para penunggu Gunung Arjuno. Tanda berlangsungnya prosesi Ngunduh Mantu ini adalah terdengarnya suara yang menyerupai suara gamelan atau gending Jawa selayaknya yang sering kita dengar dalam pernikahan adat Jawa. Mitosnya, lebih baik mengurungkan atau menghentikan pendakian kala mendengar suara Ngunduh Mantu. Bila nekat melanjutkan pendakian, kemungkinan besar pendaki akan tersesat!

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *