Danau Tolire – Ternate, Maluku Utara

www.tempatangker.com – Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, Danau Tolire yang terletak di kaki Gunung Gamalama juga dilengkapi dengan beberapa legenda misteri yang menarik.

Salah satu cerita menyebutkan bahwa Danau Tolire adalah sebuah danau keramat. Dalam danau tersebut diduga terdapat makhluk gaib berupa siluman buaya putih. Sedikit berbeda dengan siluman pada umumnya, siluman buaya putih tersebut dapat dengan mudah kita lihat saat muncul ke permukaan danau. Panjangnya disebut mencapai ukuran 10 meter.

Ada kepercayaan yang meyakini buaya putih tersebut sebagai penduduk sekitar danau yang menghilang karena terkena kutukan pada jaman dahulu kala. Sementara itu, danau keramat yang terbagi menjadi Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil diyakini sebagai jelmaan ayah dan anak yang diusir warga desa.

Legenda Danau Tolire menyebutkan Danau Tolire Besar adalah jelmaan sang ayah yang tega menghamili anaknya, yang kemudian menjelma menjadi Danau Tolire Kecil. Keduanya terpisah karena gempa bumi yang dahsyat saat pergi meninggalkan desa. Disisi lain keberadaan warga desa disebut lenyap tak tersisa. Namun diyakini mereka menjelma menjadi siluman buaya putih.

Cerita menarik lainnya menyebutkan bahwa di dalam Danau Tolire terdapat harta karun! Harta karun Danau Tolire disebut berasal dari harta benda warga Kesultanan Ternate abad 15. Diceritakan bahwa warga lebih memilih membuang hartanya ke dalam danau daripada harus dirampas Portugis. Keberadaan benda logam dalam danau tersebut pernah diteliti oleh anggota Brimob dengan menggunakan sonar. Namun tidak ada penelitian lebih lanjut.

Dan yang tak ketinggalan, ada satu mitos yang menarik, yang sering kali coba dibuktikan oleh pengunjung danau keramat di Maluku ini. Konon apaun yang kita lempar kearah danau tidak akan menimbulkan percikan, bahkan riak air sekalipun. Anda penasaran ingin mencobanya? Lokasi ini dapat ditempuh sekitar 10 hingga 20 kilometer dari pusat Kota Ternate.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *