Air Terjun Silaklak – Tapanuli, Medan

www.tempatangker.com – Medan memiliki sebuah tempat wisata alam berupa air terjun keramat yang terkenal akan legenda bongkahan emasnya. Yakni air terjun Silaklak atau yang dalam bahasa daerahnya disebut Sampuran Silaklak. Air terjun ini berlokasi di Kecamatan Sorkam, Tapanuli Tengah.

Dikisahkan oleh penduduk sekitar, bongkahan emas yang dimiliki air terjun keramat di Medan ini tersimpan dibalik aliran airnya. Tidak tanggung-tanggung, ukurannya dikatakan sebesar kepala kerbau.

Kabar mengenai keberadaan bongkahan emas sebesar kepala kerbau di balik aliran air terjun keramat ini pun menarik bangsa Belanda. Mereka yang kala itu menjajah Indonesia berniat membendung aliran air terjun untuk mempermudah pencarian bongkahan emas. Namun upayanya senantiasa mengalami kegagalan. Penduduk sekitar yakin bahwa kegagalan itu disebabkan oleh ulah penunggu air terjun Silaklak.

Adapun mengenai penunggu air terjun Silaklak yang diceritakan warga sekitar berlokasi di sebuah pohon besar. Pohon angker itu berada di dekat jatuhan air terjun Silaklak. Namun pohon tersebut sudah ditebang dan kini digantikan dengan ladang warga.

Terkait penebangan pohon angker yang diyakini sebagai tempat tinggal penunggu air terjun Silaklak, mitos akan larangan baju berwarna merah atau putih saat berkunjung pun sepertinya ikut terpatahkan. Pada jaman dulu dikatakan bahwa setiap orang yang berkunjung ke air terjun keramat di Medan itu dengan mengenakan baju warna merah atau putih akan menjadi sakit ketika mereka pulang.

Meski mitos tersebut telah terpatahkan, ada sebuah fenomena mistis menarik yang terjadi saat penebangan pohon dilakukan. Pohon angker air terjun Silaklak itu seakan lenyap ditelan bumi tanpa meninggalkan bekas sedikit pun. Tidak terlihat adanya sisa akar pohon di tanah bekas pohon itu pernah tumbuh.

Sayangnya air terjun setinggi 25 meter itu tidak sejaya dulu. Debit airnya kini mengalami penurunan yang cukup drastis karena banyaknya penebangan pohon. Namun jangan sampai hal tersebut menyurutkan niat kalian untuk menyaksikan langsung keindahan air terjun Silaklak ini ya.

 

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *