Mercusuar Sembilangan – Bangkalan, Madura, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Jika berkunjung ke Madura, cobalah Anda ke Mercusuar Sembilangan yang ada di Desa Tanjung Piring, Kecamatan Socah, Bangkalan. Mercusuar ini termasuk dalam salah satu peninggalan sejarah dari kolonial Belanda yang masih berdiri tegak menjulang dan tampak mencolok hingga saat ini.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Mercuar Sembilangan mulai awal tahun 2017 pengunjung tidak diperbolehkan lagi masuk ke dalam bangunan tua tersebut. Keputusan ini dipilih karena selain bangunan sudah tak sekokoh dulu, keselamatan pengunjung yang biasanya naik ke atas mercusuar juga dijaga.

Tidak hanya itu, karena termasuk dalam jajaran bangunan tua, tak heran jika ada banyak cerita misterius mengenai mercusuar Bangkalan ini. Menurut beberapa cerita yang pernah dialami oleh pengunjung, pada bagian dalam mercusuar memang terkesan dingin serta terasa seperti sebuah tempat angker dan beberapa kali mereka juga bertemu dengan makhluk halus yang diyakini penunggunya. Penampakan makhluk halus ini kerap muncul berupa orang-orang Belanda dengan baju kuno khas zaman dahulu.

Tidak hanya cerita menyeramkan itu saja yang terdengar dari Mercusuar Sembilangan, tapi juga adanya keyakinan bahwa mereka yang sedang menjalin hubungan asmara lebih baik tidak datang ke sana. Entah bagaimana mulanya, cerita itu terus menyebar dari mulut ke mulut dengan kabar bahwa siapa pun yang datang bersama kekasih, maka tak lama kemudian hubungan mereka akan kandas. Banyak yang mempercayai mitos tersebut karena memang banyak yang merasakan putus cinta setelah dari sana.

Terlepas dari cerita misteri Mercusuar Sembilangan beserta mitosnya, bangunan tua ini telah menjadi ciri khas kebanggaan oleh warga di sana. Banyak pengunjung dari berbagai kota yang sengaja datang ke sana untuk melihat langsung bangunan peninggalan Belanda tersebut. Anda tertarik juga untuk membuktikan Mercusuar Sembilangan misterius?

 

Lokasi:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *