Gunung Penanggungan – Mojokerto

www.tempatangker.com – Gunung Pawitra, merupakan nama lain yang dimiliki oleh Gunung Penanggungan pada jaman dahulu kala. Gunung setinggi 1.653 mdpl ini sering kali disebut sebagai miniatur dari Gunung Semeru karena bagian puncaknya sama-sama memiliki hamparan pasir dan batuan yang luas. Mitos Jawa Kuno Gunung Penanggungan menyebutkan bahwa gunung ini merupak salah satu bagian Mahameru yang dipindahkan Sang Penguasa Alam. Pemindahan Gunung Penanggungan ini dipercaya memiliki tujuan untuk menstabilkan posisi Pulau Jawa yang konon awalnya memiliki posisi miring.

Gunung Penanggungan ini termasuk salah satu gunung yang dianggap suci, yang ada di Pulau Jawa. Sebuah studi yang dilakukan dari tahun 2012 hingga 2014, di gunung suci ini ditemukan setidaknya 116 situs purbakala yang mayoritas berupa pencandian. Kesemua situs purbakala tersebut dapat ditemukan dari kaki gunung hingga bagian puncak.

Tahukah Anda jika bagian puncak Gunung Penanggungan ini terselimuti sebuah misteri yang tak kalah menarik dari puncak gunung lainnya. Konon di Puncak Pawitra terdapat sebuah altar kuno yang tak kasat mata. Meski disebut tak kasat mata, namun awan putih yang senantiasa menyelimuti puncaknya dipercaya warga sebagai tanda keberadaan altar kuno Puncak Pawitra tersebut.

Selain banyaknya situs  purbakala, di Gunung Penanggungan ini pun juga ditemukan sebuah jalur kuno. Jalur kuno Gunung Penanggungan ini memiliki bentuk melingkar dan akan membawa kita menuju Puncak Pawitra. Konon jalur tersebut adalah telah ada sejak jaman kerajaan Majapahit dan ditengarai sebagai jalur kereta kuda yang rutin digunakan selama jaman Kerajaan Majapahit. Saat Anda memutuskan untuk mencoba melewati jalur kuno ini, ada baiknya bagi Anda untuk sedikit waspada. Siapa tau saja jalur itu bisa jadi tempat angker di Mojokerto yang akan mempertemukan Anda dengan kereta kuda jaman kerajaan kuno itu!

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *