Gunung Welirang – Pacet, Mojokerto

www.tempatangker.com – Masih berada dalam kompleks yang sama, Gunung Welirang yang berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo ini pun tak kalah angkernya jika dibandingkan dengan Gunung Arjuno. Disini sering terlihat penampakan yang dipercaya warga sebagai perwujudan para bangsawan Kerajaan Majapahit.

Para bangsawan Kerajaan Majapahit tersebut menjadikan Gunung Welirang sebagai tempat pelarian. Dalam pelariannya itu, mereka melakukan semedi ditengah konflik internal yang melanda. Namun konflik yang tak kunjung reda hingga membuat kejayaan mereka semakin meredup itu kemudian membawa pertapaan mereka hingga ke titik moksa atau hidup diantara dua dunia. Karenanya, banyak yang menganggap penampakan makhluk gaib yang kerap terlihat di gunung angker ini sebagai perwujudan para bangasawan Kerajaan Majapahit yang moksa tadi.

Di gunung yang memiliki nama panggilan Gunung Kamukus kala abad ke-16 ini pun konon terdapat makhluk gaib lain yang berjuluk Wong Abang. Makhluk gaib yang namanya memiliki arti Manusia Merah ini konon memliki tinggi tubuh berukuran 2 meter dengan warna merah menyala yang menyerupai kobaran api. Makhluk gaib Wong Abang ini disebut sering menampakkan diri secara sekelebat dan menyerupai bola api yang melayang. Saat hendak muncul, umumnya ditandai denga bunyi gemeretak ranting atau daun yang terbakar.

Di gunung setinggi 3.156 meter diatas permukaan laut dan terkenal akan belerangnya ini juga terdapat dua air terjun, yakni Air Terjun Elang dan Air Terjun Kake Bodo. Meski sering dikunjungi warga sebagai lokasi tempat wisata, sesungguhnya Air Terjun Kake Bodo ini dikenal warga sebagai air terjun keramat yang cukup angker. Konon sering terlihat kakek bersorban yang kemudian menghilang secara misterius. Disini pun disebutkan banyak pengunjung yang mengalami kesurupan!

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *