Omah Balung – Surabaya, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Jika sedang main ke Surabaya, jangan lewatkan untuk mampir ke kawasan pemakaman Belanda atau disebut juga Makam Peneleh. Di sana Anda mencoba mengulik aura misteri dari sebuah bangunan tua angker bernama Omah Balung. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Omah Balung memiliki arti Rumah Tulang.

Bangunan ini disebut-sebut sebagai salah satu peninggalan Belanda, jadi tak heran jika melihat kondisinya saat ini yang begitu tak terawat, banyak semak belukar dan lumut, serta memancarkan aura misteri. Meskipun demikian, banyak pengunjung yang datang ke sana dan memilih masuk ke dalam untuk memuaskan rasa penasaran terhadap tempat angker di Surabaya tersebut.

Pada bagian luar Omah Balung, tepatnya di pintu masuk, Anda akan melihat sebuah benda seperti batu nisan yang bertuliskan nama seorang Belanda. Batu nisan tersebut sudah tidak dalam keadaan utuh namun tulisan di atasnya masih terlihat cukup jelas.

Jika masuk ke dalam Omah Balung, Anda akan mencium bau lembap khas bangunan mangkrak yang begitu menusuk hidung. Luas ruangan bagian dalam ini kira-kira 2 m x 4 m, jadi tidak terlalu luas. Lalu pada bagian lantai, Anda akan melihat 2 buah lubang berdiameter kurang lebih 40 cm dengan jarak 1 meter antarlubangnya. Lubang ini memiliki kedalaman sekitar 1,8 meter dan Anda akan melihat kondisi di bawah begitu kotor, berair, dan penuh dengan sampah.

Warga di sekitar sana meyakini bahwa bangunan tua di Surabaya ini dulunya digunakan sebagai tempat tulang belulang Belanda. Namun untuk kejelasan lebih lanjut mengenai apa tujuan dibangunnya Omah Balung tak pernah ada satu pun yang bisa menjawab.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *