Pantai Slamaran – Pekalongan, Jawa Tengah

www.tempatangker.com – Pantai Slamaran merupakan nama sebuah pantai cantik yang berada di Pekalongan Utara tepatnya di kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan. Meski tergolong kecil (luasnya hanya sekita 3,5 Ha), Pantai Slamaran tetap ramai didatangi para pengunjung. Nah, tapi apakah Anda tahu bahwa Pantai Slamaran memiliki legenda terkenal?

Jika Anda bertanya pada masyarakat Pekalongan tentang Pantai Slamaran, mereka pasti akan langsung menjawab legenda Dewi Lanjar. Keberadaan legenda dan juga asal usul Dewi Lanjar tersebut juga membuat pantai ini menjadi sebuah tempat pesugihan sekaligus tempat angker karena begitu kuatnya sisi mistis di tempat tersebut.

Dewi Lanjar merupakan sosok seorang putri cantik jelita yang memiliki nama asli Dewi Rara Kuning. Dia ditinggal mati oleh suaminya di usia yang sangat belia, tepatnya setelah beberapa waktu pernikahannya. Kesedihan selalu menyelimuti dirinya dan sebutan lanjar (wanita yang bercerai di usia sangat muda dan belum punya keturunan) melekat di dirinya. Ia pun tak ingin terlarut dalam kesedihan dan memutuskan untuk pergi dari kampungnya.

Saat perjalanan, ia bertemu dengan Raja Mataram dan Mahapatih Singaranu. Ia pun mencurahkan isi hatinya yang tak ingin kembali menikah, lalu ia mendapat arahan untuk menemui Nyi Roro Kidul di Pantai Selatan. Ia pun bersemedi, lalu bertemu, dan menjalankan tugas, namun sayang ia gagal melawan Raden Bahu. Kegagalannya itu membuat ia tak mau kembali ke Pantai Selatan dan ia memohon pada Raden Bahu agar diperbolehkan tinggal di Pekalongan. Nyi Roro Kidul yang mendengar berita itu menyetujuinya dan akhirnya ia menempati pantai utara Jawa Barat.

Berkat hal itu, Dewi Lanjar menjadi penguasa Pantai Slamaran hingga saat ini dan membentu kerajaan gaib. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang dari luar Pekalongan sengaja datang untuk mencari pesugihan. Namun jika ada yang berhasil mendapatkan pesugihan, jangan terkejut jika suatu saat akan ada yang menjemput dan Anda pun dijadikan tumbal atas kekayaan yang pernah Anda rasakan.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *