Hutan Tambrauw – Sausapor, Papua Barat

www.tempatangker.com – Meski tak lepas dari perhatian pemerintah dalam upaya pembangunan, masih banyak wilayah di Papua yang tidak pernah atau jarang dijamah. Hal in terlihat dari hutan hujan tropis yang masih menghiasi beberapa wilayah Papua. Seperti halnya Hutan Tambrauw yang terdapat di wilayah Sausapor, Papua barat.

Hutan hujan tropis dengan pohon-pohon besarnya yang rapat ini pun masih minim transportasi. Jalan di tepi hutan ini bahkan masih berupa tanah yang belum beraspal. Kondisi yang sedemikian ini membuat Hutan Tambrauw disebut-sebut sebagai salah satu tempat angker di Papua Barat.

Berbatasan dengan Kabupaten Sorong sejauh 5 kilometer, masih banyak hewan liar yang dikatakan sering terlihat melintas di jalan hutan angker ini. Misalnya saja ular, tikus, babi hutan hingga rusa. Tidak hanya itu, hutan angker di Papua ini juga dikatakan memiliki makhluk gaib penunggu hutan yang kerap muncul dalam bentuk hewan liar.

Makhluk gaib penunggu Hutan Tambrauw yang paling terkenal adalah gorila raksasa. Orang-orang percaya bahwa terdapat gorila raksasa yang menjadi penunggu hutan sejak dulu kala. Kepercayaan akan keberadaan makhluk gaib ini diperkuat dengan adanya kumpulan beberapa pohon besar yang dianggap menyerupai seekor gorila raksasa tengah berdiri sambil membentangkan kedua tangannya dengan lebar. Orang-orang sangat yakin bahwa pohon tersebut adalah manifes dari gorila penunggu Hutan Tambrauw.

Ada lagi makhluk gaib berwujud ular yang juga diduga bertugas menjaga Hutan Tambrauw. Ular penunggu Hutan Tambrauw sepanjang 1-2 meter ini dikatakan mampu berdiri tegak dengan hanya bertumpu beberapa senti dari ekornya. Seorang saksi yang mengaku pernah berhadapan langsung dengan makhluk gaib ini mengatakan, sang ular yang menghadang sambil berdiri itu baru pergi meninggalkannya setelah dirinya mengucap permisi.

Kepercayaan yang beredar diantara para sopir yang kerap melewati hutan ini mengatakan, jangan pernah sekalipun berani melindas hewan yang melintas di tengah jalan Hutan Tambrauw saat malam hari. Jika kepercayaan itu dilanggar, maka akan mendapat kesialan.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *