Pemandian Air Dingin Cibulan – Kuningan, Jawa Barat

www.tempatangker.com – Pemandian Air Dingin Cibulan merupakan salah satu objek wisata favorit sekaligus tempat wisata tertua di Kuningan, Jawa Barat. Selain kolam renang yang telah dibangun sejak 1960 silam, pemandian di sini terkenal sebagai tempat keramat di Kuningan karena keberadaan ikan dewa yang konon misterius.

Ikan Dewa di Cibulan ini memang telah diketahui oleh masyarakat luas di Kuningan sejak lama. Ikan yang ada di dalam kolam tersebut merupakan jenis ikan Kancra Bodas dan sangat jinak terhadap manusia. Asal-asal usul mengenai munculnya ikan ini pun terbilang misterius sekaligus menarik karena dikaitkan dengan sosok Prabu Siliwangi.

Menurut  cerita dari masyarakat yang beredar, dahulu kala Prabu Siliwangi memiliki banyak prajurit. Di antara prajuritnya yang patuh, ada saja beberapa yang membangkang. Prajurit yang tidak patuh pada Prabu Siliwangi dikutuk menjadi ikan Kancra Bodas dan percaya atau tidak, jumlah ikan-ikan tersebut tetaplah sama hingga saat ini.

Kepercayaan lain yang beredar adalah jika ada pengunjung yang nekat membawa pulang Ikan Dewa dari pemandian air dingin Cibulan, maka mimpi buruk akan mereka alami sehingga memaksa mereka untuk mengembalikannya.

Selain Ikan Dewa, tak jauh dari kolam, Anda bisa dengan mudah menemukan sebuah tempat wisata religi Kuningan yaitu 7 sumur keramat. Menurut masyarakat di sana, area 7 sumur keramat dulunya merupakan petilasan Prabu Siliwangi. Ada banyak juga pengunjung yang sengaja datang berziarah dan meminta doa agar mereka diberikan kewibawaan, kesaktian, kejayaan, kesaktian, pengabulan, dan kemudahan dalam segala urusan.

Nah, jika Anda tertarik dengan salah satu tempat keramat di Kuningan, pemandian air dingin Cibulan, maka jangan segan untuk segera tancap gas ke sini. Anda bisa langsung berinteraksi dengan Ikan Dewa sekaligus mandi di lokasi berikut:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *