Perlintasan KA Mbah Ruwet – Klaten, Jawa Tengah

www.tempatangker.com – Perlintasan KA Mbah Ruwet merupakan sebutan untuk lintasan rel kereta api yang ada di dusun Tegalduwur, desa Pokak, kecamatan Cepet, Klaten. Sekilas tak ada yang salah dengan lintasan ini dan tampak seperti lintasan kereta api pada umumnya. Akan tetapi, jika Anda menanyakan tentang perlintasan KA Mbah Ruwet pada penduduk sekitar sana maka jawabannya tak jauh-jauh dari unsur mistis.

Perlintasan KA ini dikenal sebagai tempat angker di Klaten karena seringnya kecelakaan yang terjadi di sana dan memakan banyak korban. Saking terkenalnya, sebuah program acara di stasiun televisi swasta terkemuka di Indonesia memilih perlintasan maut ini sebagai tempat uji nyali.

Kejadian yang paling mendapat perhatian adalah sekitar 2009 silam di mana sebuah bus kecil yang membawa kurang lebih 40 orang mengalami kecelakaan saat melintas di perlintasan KA Mbah Ruwet. Bus yang membawa rombongan keluarga pengantin itu terseret KA dengan jurusan Solo-Jogja. Empat belas orang dinyatakan tewas dan sisanya mengalami luka-luka berat.

Memang pada saat itu, kecelakaan kerap terjadi karena tidak adanya palang pintu sehingga kendaraan tidak dapat memprediksi dengan baik kapan kereta melintas. Namun kenyataan itu tetap ditepis oleh warga sekitar karena memang mereka percaya bahwa ada “penunggu” di lintasan kereta tersebut.

Yang menjadi pertanyaan adalah siapakah sebenarnya sosok “Mbah Ruwet” yang menjadi sebutan perlintasan KA tersebut? Warga di sekitar sana tidak dapat menjelaskan dengan baik, tapi mereka meyakini bahwa Mbah Ruwet merupakan penunggu gaib perlintasan KA itu. Namun ada juga yang bilang bahwa jauh sebelum perlintasan KA Mbah Ruwet ada, di atas tanah rel kereta api itu berdirilah rumah Mbah Ruwet.

 

Lokasi:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *