Petilasan Gembul – Tuban, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Sebuah destinasi wisata yang ada di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tuban begitu terkenal apalagi di kalangan penyuka tempat keramat. Petilasan Gembul atau disebut juga Goa Gembul oleh masyarakat setempat merupakan sebuah tempat yang konon menjadi lokasi berkumpulnya Wali 9 dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Lokasinya begitu tenang dan pengunjung yang datang ke sana juga selalu tampak menikmati keindahan pesona alam yang ditawarkan oleh kawasan Petilasan Gembul. Pengunjung yang datang tak hanya berasal dari Tuban saja melainkan dari kota-kota lain. Sebagan besar pengunjung yang datang ke sana memiliki sebuah tujuan yang sama yaitu mengalap berkah atau mengharapkan doanya terkabul.

Keyakinan akan terkabulnya doa-doa mereka, tentu saja dilandasi oleh banyaknya cerita dari pengunjung yang mengaku doanya terkabul begitu selesai berdoa di tempat keramat di Tuban tersebut. Oleh karena itu tak heran jika kawasan Goa Gembul begitu ramai orang-orang yang memanjatkan doa pada Tuhan melalui perantara Petilasan Gembul.

Mereka yang memiliki hajat, biasanya akan membuat nadzar (janji yang harus ditepati ketika doa mereka terkabul) sambil memanjatkan doa di sana. Jika doa mereka terkabul, maka mereka harus segera menepati nadzar mereka, namun jika tidak menepatinya maka musibah akan segera “mendatangi” mereka. Banyak dari pengunjung yang baru melakukan nadzarnya setelah mendapat musibah yang tak disangka-sangka.

Petilasan Gembul memang dikenal sebagai tempat mistis. Sebagian dari masyarakat masih meyakini bahwa benda-benda peninggalan para Wali masih ada di kawasan Goa Gembul. Namun untuk mencarinya cukup sulit karena konon benda-benda pusaka peninggalan para Wali itu dijaga oleh jin muslim jadi agar tidak ada yang bermasud jahat saat berada kawasan keramat tersebut.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *