Petilasan Prabu Angling Darma – Bojonegoro, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Bojonegoro ternyata memliki julukan lain yaitu Bumi Angling Darma. Julukan ini tentu tak lepas dari sebuah tempat di Desa Weton Ngare, Kalitidu, Bojonegoro yang dipercaya sebagai Petilasan Prabu Angling Darma. Jika pergi ke sana, Anda akan melihat bahwa petilasan Anglingdarma ini berada di tengah pematang sawah.

Yang menjadi ciri khas dari tempat keramat di Bojonegoro ini yaitu adanya tanah di depan gapura yang selalu dalam keadaan basah. Warga di sana menyebut bahwa tanah yang selalu basah tersebut konon merupakan kolam pemandian dan menjadi saksi pertemuan antara Prabu Angling Darma (saat ini menjelma menjadi burung Mliwis Putih) dengan Dewi Setyowati.

Ada juga yang menceritakan bahwa petilasan Prabu Angling Darma merupakan jejak saat sang Prabu mendapatkan kutukan menjadi seekor burung Belibis. Ia mendapatkan kutukan karena dianggap melanggar janji takkan menikah lagi ketika Dewi Setyowati mati bunuh diri. Dan untuk menguji keteguhan sumpahnya, Dewi Ratih dan Dewi Uma memutuskan menyamar menjadi gadis berwajah mirip Dewi Setyowati dan seorang nenek-nenek.

Saat bertemu dengan mereka, Prabu Angling Darma kembali jatuh pada sosok yang mirip Dewi Setyowati itu. Runtuhnya keteguhan Sang Prabu dalam menjaga sumpah, membuat ia dikutuk menjadi burung Belibis.

Banyak orang yang memilih berkunjung ke Petilasan Prabu Angling Darma yang begitu diagungkan untuk melihat bagaimana bangunan tersebut. Apabila Anda juga berniat untuk mengunjung petilasan Angling Darma, silakan langsung datang ke lokasi berikut ini:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *