Pintu Air Jagir Wonokromo – Surabaya, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Warga Surabaya pasti mengenal Pintu Air Jagir Wonokromo yang memiliki peran begitu penting terhadap pengaturan debit air sehingga stok air PDAM untuk kebutuhan masyarakat Surabaya terpenuhi dengan baik. Namun, siapa sangka dibalik bangunan tua peninggalan Belanda ini ternyata menyimpan misteri menakutkan?

Ya, sudah banyak orang yang tahu bahwa Pintu Air Jagir Wonokromo dihuni oleh makhluk gaib yaitu seekor buaya putih. Yang membuat buaya putih ini mengerikan adalah banyaknya korban yang tenggelam dengan jasad tidak ditemukan dan disebut-sebut sebagai permintaan tumbal oleh buaya putih. Kalau pun suatu saat melihat jasad, itu pun tidak diketahui jasad siapa dan dari mana asalnya.

Akan tetapi, berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, terdengar kabar bahwa si buaya putih ini sudah tak lagi muncul di Pintu Air Jagir Wonokromo. Apakah masyarakat di sana lega mendengarnya? Tidak terlalu. Karena berhembus kabar lagi kalau sudah ada “penunggu” lain di tempat angker tersebut yaitu Rolak Lanang dan Rolak Wedok.

Disebut Rolak Lanang karena penunggu ini laki-laki dan mengincar wanita untuk dijadikan korban, sementara Rolak Wedok kebalikannya. Mereka juga sering mengganggu dengan cara yang terbilang menakutkan.

Pernah Rolak Wedok mengincar anak laki-laki sehingga ia membuat anak itu seolah terhipnotis dan berenang ke dalam air. Sontak masyarakat sekita yang melihat langsung menyelamatkan anak itu, namun anak itu meronta dan akhirnya si penyelamat menampari pipinya. Benar saja, anak itu langsung sadar dan bercerita bahwa ada wanita yang mengajaknya masuk ke dalam air.

Penjaga Pintu Air Jagir juga bercerita bahwa jika melihat kepala tenggelam di air, ia harus mengamati betul bahwa bagian bawah tubuh terlihat. Jika hanya terlihat kepala saja, lebih baik diabaikan karena bisa jadi si penolong terseret dan tenggelam ke dalam air.

Berikut lokasi Pintu Air Jagir Wonokromo:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *