Puncak Suroloyo – Yogyakarta

www.tempatangker.com – Puncak Suroloyo merupakan nama sebuah puncak tertinggi yang ada di Perbukitan Menoreh, Yogyakarta. Perbukitan ini membentang mulai dari Yogyakarta hingga Jawa Tengah dengan ketinggian puncak sekitar 2000m dpl. Jika mendaki ke Puncak Suroloyo, Anda dapat melihat kota Yogyakarta dan juga Candi Borobudur dari balik awan.

Banyak pendaki suka dengan lokasi pendakian ini karena pemandangan yang ditawarkan sungguh memukau dan menyejukkan mata serta pikiran. Akan tetapi, di lokasi itu juga terdapat sisi misterius yang diyakini ada oleh masyarakat setempat. Apabila memiliki kepekaan yang tinggi, maka Anda akan merasakan nuansa mistis yang begitu kental.

Ketika mendaki Puncak Suroloyo, Anda akan bertemu dengan tiga pertapaan di sana. Apabila Anda ingin melihat Candi Borobudur secara jelas maka pergilah ke pertapaan Suroloyo, jika ingin melihat Gunung Sumbing serta Gunung Sindoro maka pergilah ke pertapaan Sariloyo, namun jika Anda ingin melihat kawasan Kulon Progo juga pantai Glagah maka pergilah ke pertapaan Kaendran.

Tidak hanya itu, Puncak Suroloyo menjadi tempat keramat di Yogyakarta karena menurut masyarakat setempat, puncak tersebut merupakan tempat pimpinan para dewa (Bathara Guru) berada. Bathara Guru merupakan sosok yang mengasuh Petruk, Bagong, Gareng, serta para kstaria Pendawa di masa lampau. Oleh karena itu, ada juga pendaki yang menyebut tempat ini rumah Ki Semar di mana nama Semar merujuk pada Bathara Guru.

Perjalanan ke Puncak Suroloyo bisa dibilang tidak terbilang mudah. Namun, sekalinya sampai di puncak, Anda akan merasakan pemandangan menakjubkan yang tidak akan membuat Anda menyesal datang ke sana. Agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan, pendaki dihimbau agar berkata dan berperilaku sopan selama proses pendakian.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *