Ringin Sirah – Kediri, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Ringin Sirah merupakan salah satu kawasan di Kota Kediri yang terletak di perempatan Jalan Hayam Wuruk – Jalan Joyoboyo dan ketika ke sana, Anda akan melihat sebuah lapangan cukup luas yang dijuluki warga Lapangan Joyoboyo. Apabila lebih memperhatikan, maka Anda akan melihat sebuah pohon beringin yang begitu besar.

Nah, yang menjadi pertanyaan, apakah ada kaitannya nama Ringin Sirah dengan pohon beringin yang ada di Lapangan Joyoboyo itu? Jawabannya: ada. Malah ada sebab mengapa pohon beringin itu disebut sebagai tempat keramat oleh warga Kediri.

Jadi, menurut urban legend atau cerita turun temurun dari para sesepuh Kediri, nama Ringin Sirah memang merujuk pada arti sebenarnya yaitu Ringin = Pohon Beringin dan Sirah = Kepala. Sebutan ini ada kaitannya dengan sosok legendaris yang ada di Kediri pada masa lampau. “Maling Gentiri” adalah sosok legendaris yang merupakan seorang pencuri berhati luhur.

“Sundul Langit” adalah nama kesaktian milik Maling Gentiri dan dengan kesaktiannya inilah ia melakukan pencurian-pencurian. Tapi, bukan pencurian untuk hal yang buruk, melainkan Maling Gentiri mencuri ‘hak’ orang miskin dari orang-orang kaya. Jadi, tiap kali mencuri benda berharga, Maling Gentiri langsung memberikannya pada orang yang sangat membutuhkan. Nama Maling Gentiri begitu dielu-elukan oleh orang-orang miskin yang pernah dibantu olehnya.

Tentu saja, pencurian yang dilakukan Maling Gentiri sama sekali tidak ditanggapi baik oleh para orang kaya. Mereka berupaya membunuh sosok legendaris tersebut namun ilmu kekebalan aji pancasona yang dimiliki Maling Gentiri tidak bisa membuatnya mati meski coba dibunuh berkali-kali.

Suatu waktu, para konglomerat akhirnya menemukan kelemahan dari Maling Gentiri yaitu ia bisa mati asalkan kepalanya dipotong dan darahnya tak boleh menyentuh tanah. Terbutakan dengan dendam, mereka pun membunuh Maling Gentiri dengan memotong tubuhnya dan dikubur di tempat yang berbeda-beda. Sementara untuk kepalanya, mereka menguburnya dekat pohon beringin.

Kejadian itulah yang melahirkan kawasan Ringin Sirah karena mereka yakin bahwa pohon beringin itulah yang tempat kepala Maling Gentiri dikubur. Memang kadang lokasi ini terkesan seperti tempat angker tapi orang-orang lebih sering menyebutnya sebagai tempat keramat. Berikut lokasinya:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *