Rowo Bayu – Banyuwangi, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Rowo Bayu atau dalam bahasa Indonesia berarti Rawa Air, merupakan salah satu tempat wisata asri yang ada di Kota Banyuwangi. Melihat rawa yang begitu tenang terletak di tengah hutan membuat kawasan ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai keheningan alam. Namun, dibalik keheningan indah ini, Rowo Bayu ternyata menyimpan sejarah kelam.

Pada masa penjajahan Belanda, pernah ada pertempuran yang masuk dalam daftar pertempuran tersadis di Indonesia yaitu Puputan Bayu. Kala itu pasukan Jagapati melawan pasukan kolonial yang menyebabkan jumlah rakyat Blambangan merosot dari 80ribu jiwa menjadi hanya 8ribu jiwa. Pasukan kolonial memenggal semua kepala pasukan Jagapati lalu menggantungnya di pohon-pohon dekat Rowo Bayu. Arwah para pejuang inilah yang disebut sebagai penunggu Rowo Bayu.

Di daerah Rowo Bayu juga terdapat situs sejarah berupa petilasan pertapaan Raja Blambangan yaitu Prabu Tawang Alun. Cerita tentang Raja Blambangan yang terkenal di antaranya adalah ketika selesai bertapa di tempat ini, Prabu Tawang Alun mendirikan kerajaan Macan Putih karena ia telah mendapatkan wangsit menunggangi macan putih.

Banyak masyarakat lokal menghimbau agar tidak memiliki niat tak baik saat masuk ke tempat keramat di Rowo Bayu tepatnya di kawasan petilasan pertapaan tersebut karena bisa jadi celaka. Pernah ada orang yang nekat datang ke sana agar mendapat nomor judi dengan membawa perewangan, alih-alih untung malah buntung, kepala orang itu bocor akibat terkena imbas dari pertengkaran antara perewangan dan penghuni petilasan.

Ada juga tempat angker di kawasan Rowo Bayu yang dinamai Sumber Dewi Gangga karena di tempat itu sering terjadi kerasukan dan korbannya sering sulit untuk dikendalikan. Bagi Anda yang ingin pergi ke Rowo Bayu, yakinlah bahwa Anda tidak memiliki niat tak baik karena lokasi ini termasuk tempat keramat.

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *