Rumah Hantu Kupang – Surabaya, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Rumah Hantu Kupang. Apabila Anda di Surabaya lalu pergi ke pasar kembang dengan melintas di Jalan Diponegoro, maka Anda akan melihat bangunan tua tersebut di sebelah kiri jalan. Meski hari masih terang, aura mencekam sudah sangat terasa apalagi jika malam hari, melewati depannya saja sudah membuat merinding.

Rumah angker ini memang sudah sejak lama akrab dengan cerita-cerita horror karena selain kondisinya yang begitu tidak terawat, sejarah di masa lalu juga turut menyertai misteri Rumah Hantu Kupang. Bangunan angker di Surabaya ini dulunya dibangun pada tahun 1809 dan memiliki nama terkenal yaitu ‘Spookhouis’.

Meski besar, tapi siapa yang menyangka jika dulunya bangunan ini dipakai sebagai tempat penyiksaan oleh tentara Jepang saat menjajah Indonesia! Cak Durasim yang terkenal pada masa itu juga meregang nyawa di bangunan angker ini. Jadi, Anda bisa bayangkan bagaimana kondisi setiap ruangan yang ada di bangunan ini dipakai untuk menyiksa manusia?

Rumah Setan, begitu juga warga Surabaya menyebutnya, ini masuk dalam jajaran Surabaya’s Ghost House dalam sebuah majalah berjudul Latitude (2010). Dalam majalah ini diceritakan juga bahwa ada hantu anak kecil yang kerap kali muncul karena ada kejadian salah seorang penghuni yang dulu pernah tinggal di situ telah membunuh anak dari hasil hubungan gelapnya.

Tidak hanya itu, di gedung setan atau Rumah Hantu Kupan ini warga juga mengaku pernah melihat hantu budak kapal. Disebut budak karena di tubuhnya ada cap kepemilikan budak pada masa itu dan sebelum meninggal ia pernah berpesan untuk tidak memandikan jasadnya. Oleh sebab itulah warga percaya bahwa hantu budak kapal juga sering berkeliaran di dalam gedung tersebut.

Meski terlihat mengerikan, Rumah Hantu Kupang tetaplah berpenghuni. Anda bisa meminta izin terlebih dahulu jika ingin melihat-lihat bagian dalam dari bangunan ini. Untuk lokasinya, Anda bisa lihat di sin:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *