Tanjakan Gombel – Semarang

www.tempatangker.com – Tahukah Anda bahwa Semarang ternyata juga memiliki sebuah jalanan yang dinilai angker? Kawasan jalanan tersebut bahkan dianggap sebagai jalanan yang paling misterius di Semarang. Nama kawasan itu adalah Tanjakan Gombel.

Tanjakan Gombel ini disebut sebagai jalan angker karena konon terdapat kerajaan setan yang dipenuhi fenomena mistis. Salah satu fenomena mistis yang terkenal dari kawasan yang terletak di selatan Kota Semarang ini adalah penampakan makhluk halus yang disebut Wewe Gombel. Belum dapat dipastikan apakah penampakan ini memiliki hubungan dengan penamaan Tanjakan Gombel yang memiliki nama asli Jalan Setiabudi.

Yang dapat dipastikan, tidak sedikit yang mengaku pernah melihat penampakan makhluk halus ini. Mereka mengatakan bahwa Wewe Gombel itu muncul dalam sosok wanita berpakaian gaun rok panjang berwarna putih gading. Sosok itu konon sering muncul tiba-tiba. Tak jarang pula makhluk tersebut menabrakkan diri pada kendaraan yang melintas, menyeberang secara mendadak atau sekedar melambaikan tangan.

Terkait dengan kerajaan setan, warga sekitar percaya bahwa tiap kecelakaan yang terjadi dikawasan ini adalah bentuk kemarahan penghuni Tanjakan Gombel karena merasa terganggu pertapaannya. Atas kepercayaan itu pula, terkadang warga sekitar masil melakukan ritual penyembelihan sapi yang mana kepala sapi itu kemudian dikubur di kawasan tempat angker tersebut.

Masih di wilayah ini, atau lebih tepatnya di daerah Kemundu, terdapat pula tempat keramat berjuluk Mata Air Pengantin atau Sendang Pengantin. Mitos yang dimiliki tempat keramat di Semarang ini mengatakan bahwa rombongan sepasang pengantin yang hendak melewati area tersebut harus melakukan sebuah ritual. Mereka harus menyembelih seekor ayam putih mulus atau melempar uang receh. Ritual itu ditujukan sebagai tolak bala agar rombongan pengantin tidak mengalami kecelakaan dan selamat sampai tujuan saat melewati daerah tersebut.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *