Sendang Beji – Ponorogo, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Sendang Beji merupakan salah satu situs bersejarah yang ada di desa Karang Patihan, Kecamatan Balong, Ponorogo, Jawa Timur. Disebut ‘sendang’ yang berarti ‘pemandian’ karena masyarakat meyakini bahwa situs tersebut dulunya dipakai sebagai tempat mandi atau mensucikan untuk ritual-ritual keagamaan.

Lokasi ini masuk dalam daftar tempat keramat di Ponorogo karena kuatnya aura mistis di Sendang Beji. Bahkan dari awal penemuan situs ini juga dengan cara yang tidak biasa yaitu salah satu aparat desa di sana bermimpi didatangi seseorang dan disuruh menggali kubangan lumpur yang ada di dekat desa mereka itu.

Meski awalnya ragu, ia pun mencoba menggalinya dan benar saja ternyata di bawahnya terdapat situs sejarah yang disebut-sebut peninggalan pada tahun 10 Masehi atau ada juga yang bilang bahwa sendang tersebut peninggalan Kerajaan Kediri.

Di Sendang Beji, Anda juga akan menemukan 1 buah miniatur rumah dan 2 buah patung yang diduga arca Dwarapala / Gupala dan acra Agesti. Sementara di tengah pemandian keramat, Anda juga akan melihat arca kepala manusia dan sebuah sumur tua terpendam air. Pada bagian pinggir kolam, terdapat jajaran batu candi yang masih tampak jelas.

Beberapa warga juga ada yang menyebut lokasi ini sebagai tempat angker karena adanya arti khusus dibalik tulisan ‘Dilarang Memancing’ yang ada di sana. Ya, kolam Sendang Beji memang ada banyak ikan, namun siapa pun yang berusaha memancingnya makan akan tertimpa musibah dan bahkan bisa sampai mengorbankan nyawa. Ada juga di suatu waktu, warga pernah melihat sebuah ular berukuran sangat besar di kolam sana dan mereka yakin bahwa ular itu adalah penunggu di sana.

 

Lokasi Sendang Beji:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *