Sendang Bulus Jimbung – Klaten, Jawa Tengah

www.tempatangker.com – Sendang Bulus Jimbung merupakan salah satu desa wisata di Klaten yang berada tepat di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes. Masyarakat setempat menjadikan tempat ini sebagai tempat keramat karena mereka percaya bahwa sendang itu dihuni oleh sepasang bulus yang katanya merupakan jelmaan Kyai dan Nyai Poleng.

Mengenai Kyai Poleng sendiri masih simpang siur tentang siapakah jati dirinya sebenarnya. Ada yang bilang bahwa Kyai dan Nyai Poleng adalah abdi Dewi Mahdi. Lalu entah apa yang terjadi mereka disabda sehingga menjelma menjadi sepasang bulus penghuni sendang bulus Jimbung.

Namun ada juga kisah yang lain yang menyebut bahwa Kyai Poleng dulunya merupakan sosok berkembampuan khusus (sakti) yang hidup pada masa Kerajaan Mataram. Kesaktiannya yang terkenal adalah kemampuannya yang dapat berubah wujud termasuk menjadi seekor bulus.

Sementara di kisah lain, ada yang menyebut Eyang Poleng, julukan lainnya, merupakan salah satu sosok kesayangan Nyi Roro Kidul. Oleh karena itulah, terasa wajar jika Eyang Poleng memiliki kesaktian dan banyak yang menyebutnya sebagai sosok manusia setengah siluman.

Banyaknya cerita yang menyebut kesaktian Kyai Poleng si penghuni Sendang Bulus Jimbung itulah yang membuat tempat keramat di Klaten tersebut tak sepi dari pengunjung. Namun, hampir sebagian besar tujuan pengunjung yang datang ke sana adalah satu, mencari pesugihan.

Mereka yang akan melakukan pesugihan, biasanya akan melakukan ritual dengan cara berendam di sendang. Apabila usaha mencari pesugihan berhasil, konon kulit di tubuhnya akan berubah menjadi belang-belang. Masih tidak diketahui apakah mitos tersebut benar atau tidaknya, namun kenyataan bahwa banyaknya pengunjung yang datang ke Sendang Bulus Jimbung untuk mencari kekayaan instan rasanya tak bisa diabaikan begitu saja.

 

Lokasi:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *