Pabrik Gembongan – Solo, Jawa Tengah

www.tempatangker.comPabrik Gula Gembongan yang terletak di kawasan Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah ini merupakan sebuah lokasi yang cukup dikenal sebagai tempat angker di Solo. Bangunan tua dengan nama resmi Suikerfabriek Kartasoera Solo ini telah berdiri sejak tahun 1918. Selain menjadi pabrik gula, bangunan ini sebelumnya juga pernah difungsikan sebagai pabrik tembakau di jamannya.

Cukup lama beroperasi, pabrik gula ini kemudian menghentikan aktivitas parbiknya secara total pada tahun 1986. Sejak saat itu, bangunan lawas ini hanya digunakan sebagai gudang penyimpanan dimana segala aktivitasnya tidak memerlukan banyak tenaga karyawan. Lalu saat seluruh kegiatan benar-benar dihentikan, bangunan tua ini pun dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Selayaknya dengan tempat angker pada umumnya, bangunan bekas pabrik ini pun dihiasi dengan banyak lumut dan memiliki kondisi lembap dengan aura yang mengerikan. Ditambah lagi dengan suasana yang kosong karena sejak lama mesin operasional pabrik telah disingkirkan dan sudah sejak lama ditinggalkan oleh manusia.

Warga sekitar bekas pabrik tua ini mengatakan bahwa saat malam tiba disini kerap terlihat sosok anak-anak kecil tengah bermain. Tak jarang pula terdengar suara layaknya mesin pabrik yang sedang beroperasi meski dengan jelas diketahui bahwa pabrik ini dalam keadaan kosong.

Namun kondisi pabrik tua Gembongan tersebut telah berubah total. Melalui program revitalisasi bangunan tua di Kota Solo, pabrik angker itu telah dirubah menjadi lokasi wisata bertema museum dengan nama The Heritage Palace yang baru saja dibuka saat Lebaran Idul Fitri di tahun 2018. Meski telah diberikan polesan baru, namun keaslian bangunan ini tetap dijaga agar para pengunjung dapt menikmati keindahan bangunan bersejarah peninggalan jaman penjajahan ini.

Saat mengunjunginya, sebaiknya Anda tetap berhati-hati ya. Siapa tahu sosok penampakan sebelumnya masih tertinggal disana.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *