Stasiun Poncol – Semarang, Jawa Tengah

www.tempatangker.com – Anda yang pernah ke Semarang, pasti tak asing dengan Stasiun Semarang Poncol atau mungkin yang lebih akrab disebut Stasiun Poncol. Dibangun pada tahun 1914, stasiun tua ini masih berdiri kokoh dan bahkan menjadi stasiun terbesar kedua di Semarang. Meski sudah tak terasa lagi nuansa bangunan lawas karena beberapa kali telah direnovasi, Stasiun Poncol tetaplah menjadi saksi bisu perubahan Kota Semarang.

Di mana-mana bangunan tua selalu lekat dengan cerita misterius yang kerap muncul melalui desas-desus masyarakat setempat. Cerita misteri tentang Stasiun Poncol pun seolah tak luput dari kabar mistis yang berhembus di tengah warga Semarang. Ada beragam cerita beredar mengenai keangkeran Stasiun Poncol yang siap membuat bulu kuduk Anda berdiri. Berikut desas-desusnya:

  • Kereta berjalan sendiri

Jika lazimnya kereta api beroperasi sesuai jadwal, namun tidak dengan kejadian beberapa tahun silam di Stasiun Poncol. Sebuah gerbong kereta api yang berada dalam masa perbaikan, tiba-tiba saja bergerak sendirinya. Masalahnya, kejadian ini bukan muncul karena tak ada pengawasan justru kereta api itu melaju di depan mata petugas yang melakukan segala prosedur pengamanan termasuk juga meletakkan bantalan di rel kereta agar tak terjadi kejadian tak diinginkan.

  • Muncul penampakan

Misteri berikutnya tentang stasiun angker di Semarang tersebut adalah seringnya muncul penampakan pada malam hari. Pernah ada cerita di mana sepasang suami istri terpaksa berhenti mendadak saat mengendarai sepeda motor karena tiba-tiba saja di depan mereka muncul rombongan berpakaian putih. Rombongan berwajah putih pucat itu melintas tepat di jalur kereta yang ada di depan mereka. Menurut warga setempat, penampakan itu memang sering muncul dan menurut kabar beredar, mereka adalah korban kecelakaan di sana.

  • Kereta hantu

Kejadian berikutnya pernah dialami oleh salah satu masinis ketika membawa kereta api jurusan Semarang – Bojonegoro. Kereta ini melaju pada pukul 20.30 dan di awal keberangkatannya tak ada kendala berarti, namun 30 menit setelah kereta berjalan, masinis melihat di depannya melaju sebuah kereta berkecepatan tinggi. Segera saja ia mengeram kereta dan memberitahukan pada penumpang bahwa kereta akan bertabrakan. Para penumpang segera turun ke areal persawahan dan masinis pun turun sambil melambaikan daun pisang sebagai sinyal bahwa ada kereta di depannya. Sekitar jarak 100 meter, kereta tersebut berhenti dan menyoroti kereta di depannya lalu mundur serta semakin menghilang. Sang masinis menyadari bahwa sama sekali tak ada penumpang di dalam kereta tersebut dan ketika ia memastikan ke stasiun Karangjati, mereka berkata bahwa tak ada jadwal kereta melaju pada jalur yang sama.

Kejadian tersebut dikatakan memang pernah terjadi di Stasiun Poncol . Meski cerita mengenai kengerian di stasiun angker tersebut tak sekuat dulu, namun tetap saja masih ada yang meyakini bahwa penampakan di sana kerap muncul di depan orang-orang yang dikehendakinya.

 

Lokasi:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *