RRI Makassar – Makassar, Sulawesi Selatan

www.tempatangker.com – Radio RRI merupakan lembaga penyiaran publik yang dimiliki oleh Negara Indonesia. Memiliki banyak cabang yang tersebar di segala penjuru kota Indonesia. Adapun salah satu cabangnya yang berada di kota Makassar memiliki cerita unik karena disebut-sebut sebagai salah satu tempat angker di Makassar.

Gedung RRI Makassar yang dikenal sebagai tempat angker itu memiliki bangunan yang berwarna serba biru. Meski disebut angker, namun hingga sekarang gedung RRI Makassar tersebut masih aktif digunakan.

Disebut sebagai gedung angker, RRI Makassar memiliki beberapa cerita terkenal akan fenomena mistis yang terdapat disana. Fenomena mistis itu adalah kemunculan penampakan makhluk gaib yang menyerupai seorang kakek. Namun ada pula yang menyebutkan bahwa penampakan makhluk gaib tersebut berupa sosok anak-anak.

Makhluk gaib penunggu gedung angker RRI Makassar itu konon akan muncul untuk menampakkan diri setiap kali bulan purnama. Sedangkan pada malam-malam biasanya, beberapa pegawai RRI Makassar mengatakan pernah mendengar suara gaduh seakan ada anak-anak sedang bermain pada salah satu ruangan. Namun setelah dipastikan, ternyata lokasi suara tersebut berasal sedang kosong karena tidak ada kegiatan disana. Pada bagian lain seperti auditorium dan ruang maintenance disebut sebagai lokasi yang paling angker.

Gedung angker di Makassar itu berlokasi di Jalan Riburane, Makassar. Tempat tersebut dahulunya menjadi lokasi Wilhelmina Park berada. Sebelum digunakan sebagai kantor RRI Makassar, wilayah tersebut juga sempat digunakan sebagai terminal angkutan kota di tahun 1950an.

Gedung yang ditempati di Jalan Riburane tersebut merupakan gedung gedung kedua RRI Makassar. Sebelumnya RRI Makassar menempati sebuah rumah di tepi Pantai Losari. Adapun lokasi tersebut merupakan rumah H. Lala, kontraktor bangunan, yang disita oleh bangsa Jepang pada 8 Desember 1942 untuk mendirikan sasiun radio Makassaru Hozo Kyoku (MHK). Satisun radio MHK itulah yang menjadi cikal bakal pendirian RRI Makassar ini.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *