Sungai Musi – Palembang, Sumatera Selatan

www.tempatangker.com – Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Sumatera sekaligus menjadi tempat wisata yang tak pernah luput dari kunjungan wisatawan. Letak Sungai Musi juga membelah Palembang menjadi 2 bagian yaitu Hulu dan Hilir. Ramainya aktivitas warga setempat ternyata juga turut menstabilkan denyut perekonomian mereka.

Di sisi lain, Sungai Musi juga menyimpan cerita mistis yang tak kalah menariknya dengan ­­sungai-sungai angker di Indonesia. Mitos yang sampai saat ini diyakini ada oleh masyarakat Palembang adalah keberadaan hantu banyu (air).

Menurut warga yang pernah melihat, hantu banyu Sungai Musi merupakan penampakan makhluk halus berbentuk seperti manusia, namun tak berbeda juga dengan siamang, rambutnya pun panjang, dan bagian tubuhnya juga berlendir. Menurut cerita, lendir itu ia gunakan untuk menjebak orang-orang yang tinggal di bantaran sungai terlebih para pendatang baru.

Cara menjebaknya adalah hantu banyu akan memberikan lendir pada salah satu anak tangga di antara rumah-rumah tinggi di bantaran sungai. Apabila ada yang terpeleset dan jatuh ke sungai, maka si hantu banyu itulah yang akan menangkap di bawah. Hampir setiap tahun kejadian seperti ini selalu terulang, korbannya pun rata-rata karena terpeleset atau bahkan hanyut saat mereka berenang atau sekedar memancing di sana.

Korban dari hantu Sungai Musi itu biasanya akan terlihat mengambang di permukaan sungai setelah 1 atau 2 hari kemudian dengan kondisi kepala belakang berlubang. Konon, itu adalah ulah dari hantu banyu yang menghisap isi kepala korban yang ia kehendaki.

Misteri Sungai Musi pun tidak hanya tentang hantu banyu, tetapi juga keberadaan ikan besar menyerupai naga bernama Tapa Tembago. Ikan ini kerap dijuluki naga Sungai Musi karena ukuran serta bentuknya benar-benar mirip seekor naga. Kemunculan naga di permukaan sungai sering dikaitkan dengan terjadinya musibah besar oleh warga Palembang. Oleh karena itu, jika ada warga yang melihat ikan naga muncul, maka mereka akan cemas musibah besar apakah yang akan melanda Palembang.

 

Lokasi:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *