Gedung Grahadi – Surabaya

www.tempatangker.com – Menjadi kantor dinas bagi Gubernur Jawa Timur, Gedung Grahadi yang terletak di Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, juga dikenal sebagai sebuah tempat angker. Ada sosok misterius yang konon dianggap sebagai penguasa tempat ini.

Menurut catatan sejarah, Gedung Grahadi ini telah dibangun sejak tahun 1975 yang lalu. Di zaman dahulu, tempat angker di Surabaya ini digunakan sebagai tempat peristirahatan para pejabata perkebunan Belanda. Saat sore hari, mereka kerap menikmati sajian afternoon tea di halaman gedung sembari menikamati pemandangan indah yang disajikan oleh Kalimas. Maklum saja, pada awal pembangunannya Gedung Grahadi dibuat menghada kearah Kalimas yang terletak di bagian belakangnya. Lalu pada tahun 1802, Gedung Grahadi pun dirubah arahnya menghadap ke selatan seperti yang ada hingga pada saat ini.

Sebagai bangunan angker di Surabaya, banyak yang mengamini bahwa lantai dua Gedung Grahadi merupakan tempat yang paling angker. Terutama pada bagian lorong-lorong jalannya. Pada bagian bangunan ini disebutkan kerap terlihat penampakan sosok yang menyerupai orang Belanda. Sosok itu seringkali muncul dalam penampilan layaknya wanita berkebangsaan Belanda, lengkap dengan pakaian khasnya.

Selain lorong di lantai dua, halaman Gedung Grahadi juga menjadi lokasi menyeramkan tempat munculnya penampakan hantu. Khusus di bagian halaman gedung angker ini konon sering terlihat beberapa penampakan yang menyerupai tentara penjaga. Penampakan yang terlihat seakan sedang berjaga di sekiatr halaman Gedung Grahadi itu pun mengenakan seragam khas tentara Belanda zaman penjajahan dulu.

Gedung Grahadi boleh jadi merupakan gedung berhantu, namun demikian masih aktif digunakan hingga sekarang. Anda yang menyukai wisata sejarah dapat berkunjung kemari karena sejak tahun 1991 yang lalu Gedung Grahadi telah dibuka untuk umum sebagai obyek wisata bersejarah Kota Surabaya.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *