Jembatan Merah – Surabaya

www.tempatangker.com – Pernahkah Anda mendengar lagu lawas yang berjudul Jembatan Merah? Lagu tersebut merupakan salah satu karya Master Keroncong terkenal Indonesia, Gesang. Judul lagu keroncong tersebut megambil nama sebuah jembatan terkenal dari Kota Surabaya yakni Jembatan Merah.

Jembatan Merah merupakan sebuah bangunan insfrastuktur peninggalan sejarah yang melekat kuat pada Kota Surabaya. Selain menjadi latar belakang lokasi perjuangan Arek-Arek Suroboyo dalam melawan penjajahan, Jembatan Merah Surabaya ini juga memiliki peran penting bagi perkembangan perekonomian di Kota yang memiliki lambang Ikan Suro dan Buaya ini.

Sejak tahun 1743, Jembatan Merah atas kesepakatan Paku Buwono II dengan VOC digunakan sebagai pusat perkembangan perniagaan. Dimana pada sisi baratnya diperuntukkan khusus untuk para pedagang Eropa. Sedangkan pada sisi kirinya diperuntukkan khusus untuk pedagang Asia yang didominasi Tionghoa, Arab dan Melayu.

Mengenai namanya, ada yang menyebutkan bahwa Jembatan Merah adalah nama yang diambil dari warna asli jembatan sejak awal pembangunannya. Namun ada pula yang menyebutkan bahwa nama itu mewakili perjuangan Arek-Arek Suroboyo melawan penjajah. Dimana Merah berasal dari darah para pahlawan dan para penjajah yang berperang pada kala itu.

Menurut sejarah itu pula konon hingga sekarang sering tercium bau anyir darah di kawasan tersebut. Karenanya Jembatan Merah juga dikenal sebagai tempat angker di Surabaya. Bau anyir yang menyeruak itu diceritakan akan semakin tercium dengan juat saat malam hari.

Selain diwarnai dengan bau anyir darah, terdapat juga fenomena mistis lain di tempat angker tersebut. Misalnya saja terdengar suara minta tolong yang misterius juga penampakan sosok mengerikan dengan penuh luka dan sebagian tubuhnya hilang disebut kerap muncul di jembatan angker berwarna merah tersebut.

Bagi Anda yang tidak kuat dengan bau anyir darah, ada baiknya tidak mengunjungi tempat angker ini.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *