SMA Kompleks – Surabaya

www.tempatangker.com – Kota Pahlawan Surabaya memiliki sebuah tempat angker yang berupa komplek sekolahan. Tempat angker di Surabaya itu terkenal dengan nama SMA Kompleks. Beralamat di Jalan Kusuma Bangsa, Anda akan menemukan kumpulan  Sekolah Menengah Atas ini terletak saling berdekatan dengan beberapa bangunan pemerintahan penting di sekelilingnya.

Di kota ini, SMA Kompleks disebut tempat angker di Surabaya yang dipercaya sebagai gudangnya dari banyak hantu menakutkan. Ada banyak cerita yang mengatakan jika di komplek sekolah angker itu pun sering terjadi bermacam fenomena gaib. Di ruang kelas yang kosong sering terdengar suara seseorang yang seakan memukul atau menulis di papan tulis. Atau juga terdengar suara menyerupai mesin ketik yang sedang digunakan. Pada lokasi lainnya seperti di toilet pun konon terdengar suara guyuran air meski tidak ada yang menggunakannya.

Penampakan yang menakutkan pun konon sering terlihat. Penampakan itu biasanya menyerupai seorang guru jaman Belanda yang sedang berdansa. Dan yang lebih seram,, konon terkadang juga akan muncul penampakan yang menyerupai sosok seorang tentara jaman dahulu namun tidak memiliki kepala!

Menurut sejarah, kompleks sekolah berhantu ini  ini dibangun pada tahun 1923 dengan menggunakan rancangan seorang arsitek yang bernama J Gesber. Adapun empat Sekolah Menengah Atas yang tergabung dalam SMA Kompleks ini antara lain SMA Negeri 1 Surabaya, SMA Negeri 2 Surabaya, SMA Negeri 5 Surabaya serta SMA Negeri 9 Surabaya.

Saat pertempuran 10 November 1945 terjadi, SMA Kompleks ini digunakan sebagai markas Tentara Republik Indonesia Pelajar. Sedangkan di masa penjajahan Jepang dahulu SMA Kompleks ini dijadikan markas Rikugun yang tidak lain merupakan Tentara Angkatan Darat Kekaisaran Jepang. Dengan sejarahnya sebagai markas tentara tersebut itulah, tidak heran jika di bagian atap sekolah ini terdapat bangunan atau menara intai.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *