Telaga Wahyu – Magetan, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Berada sekitar 2 kilometer sebelum Telaga Sarangan, Anda sudah bisa menemukan sebuah telaga yang tak kalah cantik yaitu Telaga Wahyu. Pemandangannya yang begitu indah dan udara segar yang masih bebas dari polusi membuat telaga satu ini sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat bersantai melepas penat.

Sama halnya Telaga Sarangan, Telaga Wahyu juga dikenal dengan nama lain yaitu Telaga Wurung yang lengkap juga dengan mitos-mitos di dalamnya. Pemerintah setempat memang sengaja mengubah nama telaga ini yang semula Wurung menjadi Wahyu. Hal dikarenakan adanya mitos yang begitu kuat melekat di masyarakat yaitu jika ada pasangan kekasih yang datang ke tempat ini berdua, maka hubungan yang mereka jalin takkan bertahan lama.

Kata ‘wurung’ sendiri dalam bahasa Jawa berarti ‘tidak jadi’ sehingga mitos itu begitu kuat dan banyak orang yang memilih pergi ke sana tidak dengan pasangannya. Untuk menarik wisatawan, maka pemerintah mengganti nama tempat keramat ini menjadi Telaga Wahyu dengan harapan pengunjung yang ingin berekreasi tidak termakan dengan mitos yang beredar.

Tidak hanya mitos tersebut, pohon besar berduri yang dinamakan pohon Randu oleh warga setempat, terletak  yang tak jauh dari Telaga Wahyu juga memiliki kesan misterius dan sering membuat pemancing di sana merinding. Umur pohon ini diyakini sama dengan usia Telaga Wahyu dan konon di setiap malam-malam tertentu muncul penampakan seorang nenek berambut panjang.

Hantu nenek itu membawa peliharannya berupa kucing hitam dengan jumlah sangat banyak. Sering kali pemancing yang kebetulan melihat hantu nenek tersebut terus mengamatinya hingga ia hilang dibalik pohon Randu. Meski terkadang menampakkan diri, hantu nenek di pohon Randu tak pernah menggganggu pengunjung Telaga Wahyu. Anda yang ingin ke tempat angker ini silakan datang ke lokasi berikut:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *