Villa Isola – Bandung, Jawa Barat

www.tempatangker.com – Villa Isola merupakan salah satu gedung bersejarah di Bandung yang dibangun pada penghujung era kolonialisme Belanda di Indonesia atau sekitar tahun 1930-an dan dimiliki oleh seorang keturunan Indo Jawa-Belanda, Dominique Willem Berretty. Profesinya sebagai “raja koran” membawa kehidupan Berretty penuh dengan kemewahan serta kehidupan glamor.

Bayangkan saja, pada waktu krisis global, Berretty masih sanggup menghabiskan ratusan miliyaran (kurs Rupiah saat ini) untuk membangun Villa Isola. Ia pun mengandalkan Charles Prosper Wolff Schoemaker yang dikenal sebagai arsitek terkemuka pada masa itu dengan prestasinya membangun hampir sebagian besar bangunan kolonial di Bandung.

Namun, setelah pembangunan Villa Isola, ternyata Berrety tak bisa menikmati huniannya dalam waktu yang lama. Ia tewas dalam kecelakaan pesawat saat perjalanan pulang dari Belanda ke Indonesia. Pesawat yang ditumpanginya jatuh di wilayah perbatasan Suriah. Penyebab kecelakaan pesawat tersebut juga simpang siur, ada yang mengatakan tersambar petir, ditembak oleh tentara Inggris, dan berbagai ketidakjelasan lainnya. Sejak kematian Berretty, villa yang sekarang berubah nama menjadi Bumi Siliwangi tersebut terbengkalai hingga akhirnya diambil alih oleh pemerintah.

Di balik megahnya bangunan tua pasti ada kisah horror yang melekat di sana, tak terkecuali dengan misteri villa Isola. Ada banyak saksi yang mengatakan bahwa Gedung Isola kerap muncul sejumlah penampakan yang membuat bulu kuduk pengunjung meremang. Beberapa dari mereka mengaku pernah melihat sejumlah penampakan orang asing sedang berdansa.

Tidak hanya itu, di Villa Isola angker ini sering muncul penampakan seorang wanita yang diduga kuat bernama Anna, salah seorang putri Berretty. Anna meninggal tragis yaitu memilih bunuh diri di rumahnya tersebut. Selain penampakan, terdengar juga suara jeritan maupun suara tertawa dari dalam bangunan angker di Bandung itu.

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *