Wisma Tumapel – Malang, Jawa Timur

Wisma Tumapel - www.tempatangker.com

Wisma Tumapel – www.tempatangker.com

Tempatangker.com – Terdapat banyak sekali tempat yang angker dan penuh dengan misteri di daerah Malang, Jawa Timur. Salah satunya adalah Wisma Tumapel. Bangunan tua yang berlokasi di Jl. Tumapel 01, di dekat Balai Kota Malang. Wisma Tumapel adalah bangunan tua yang dibangun pada tahun 1928. Awal mulanya, bangunan ini adalah sebuah Hotel Splendid milik Belanda yang tergolong cukup mewah dan modern pada saat itu.

Hotel ini bukan hotel tertua di Kota Malang , tetapi konsepnya adalah terbaru dari beberapa hotel yang lebih dahulu berdiri. Sejak dibangun, hotel ini menjadi hotel pertama yang bangunannya sudah memiliki struktur new indisce (Konsep new indisce yang dimiliki Hotel Splendid adalah hotel yang pertama kali menjual pemandangan alam. Lokasinya persis menghadap Sungai Berantas).

Sejak didirikan, Bangunan kuno ini telah beberapa kali berganti kepemilikan. Pada tahun 1944 hotel ini diambil alih oleh pemerintahan Jepang yang kemudian dialih fungsikan sebagai kantor pemerintahan. Sekitar tahun 1950, bangunan kuno ini berganti kepemilikan lagi dan digunakan sebagai wisma dosen dan ruang kelas oleh FKIP Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya. Dan pada tahun 1968 bangunan difungsikan sebagai wisma milik IKIP Malang yang pada saat ini dikenal dengan Universitas Negeri Malang (UM) sampai sekarang.

Bangunan kuno ini sempat dinonaktifkan pada tahun 2009. Menurut kabar, rencananya bangunan ini akan dijadikan sebagai hotel milik UM, tapi entah mengapa sampai saat ini belum terealisasi dan bangunan ini masih menjadi tempat kosong.

Usut punya usut, banyak cerita yang beredar dikalangan masyarakat tentang keangkeran bangunan ini, dan yang paling membuat bangunan ini begitu terkenal adalah kabar tentang penghuni setia Wisma Tumapel ini. Konon, penghuni setia wisma ini adalah hantu Noni Belanda yang sering menampakkan diri di lorong dan jendela. Tapi menurut banyak orang juga, bangunan ini menjadi angker karena terlalu lama dibiarkan kosong. Bukan hanya ditempat ini saja, bangunan lama atau baru dimanapun tempatnya akan menjadi tempat mistis jika terlalu lama dibiarkan kosong.

Selain terkenal dengan keangkerannya, bangunan ini juga menjadi tempat wisata istimewa karena terkenal sebagai tempat favorit para fotografer untuk hunting foto. Sampai saat ini, bangunan ini seperti beralih fungsi sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi jika kalian berkunjung ke Kota Malang. Dengan suasana bernuansa vintage, membuat para pengunjung akan merasa kembali ke jaman kolonialisme. Itulah sebabnya para pengunjung tidak akan melewatkan untuk mengabadikan moment-moment mereka saat berada di wisma ini.

Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi saat kita mengunjungi wisma ini. Para penjaga selalu mengingatkan kepada para pengunjung yang kebanyakan fotografer dan model untuk tidak teriak–teriak dan tidak membuka pintu yang tertutup. (ara/rah)

Lokasi:

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *