Air Terjun Sri Gethuk – Gunungkidul, Yogyakarta

www.tempatangker.com – Gunungkidul, Yogyakarta, memiliki sebuah air terjun cantik yang berselimut misteri yakni air terjun Sri Gethuk. Warga Desa Bleberan, lokasi air terjun berada, meyakini keberadaan bidadari hingga raja siluman pada salah satu tempat keramat di Yogyakarta ini. Hal ini pula yang melatarbelakangi terbentuknya nama air terjun yang konon pernah digunakan sebagai tempat mandi pembesar Kerajaan Mataram ini.

Kata Sri pada air terjun Sri Gethuk diberikan atas keyakinan adanya tujuh orang bidadari cantik yang menghuni air terjun ini. Sementara kata Gethuk berasal berasal dari alat musik tradisional karawitan kethuk.

Pada malam-malam tertentu akan terdengar suara alunan kethuk dari air terjun. Namun ketika dihampiri, alunan suara tersebut akan menghilang. Warga meyakini bahwa alunan suara kethuk yang terdengar dari air terjun keramat itu dimainkan oleh ketujuh bidadari yang menghuninya.

Tidak hanya tujuh orang bidadari, warga meyakini pula bahwa air terjun keramat di Yogyakarta ini juga dihuni oleh seorang raja siluman bernama Anggo Menduro. Bersama dengan para bangsa jin lainnya diceritakan bahwa raja siluman ini menempati kerajaan jin yang berada pada dua bukit yang mengapit jalannya aliran sungai yang menuju air terjun Sri Gethuk. Lebih lanjut diceritakan, suara kethuk yang terdengar pada air terjun memiliki hubungan dengan kegemaran sang raja siluman akan seni musik. Selain alunan kethuk, terkadang akan terdengar pula alunan musik dangdut, keroncong serta campursari.

Meski dikatakan sebagai tempat angker di Yogyakarta, namun tidak sedikit pula yang memanfaatkan air terjun Sri Gethuk sebagai lokasi untuk melakoni kegiatan spiritual. Dikatakan bahwa terdapat warga luar Bleberan mengunjungi tempat ini pada hari tertentu sembari menaburkan bunga ke air terjun. Ada pula yang datang untuk bertapa pada pagi hari sebelum pengunjung air terjun keramat di Yogyakarta ini mulai ramai.

 

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *