Keraton Yogyakarta – Yogyakarta

www.tempatangker.comKeraton Yogyakarta, merupakan bangunan istana Jawa berumur lebih dari 200 tahun yang menjadi tempat tinggal pemimpin Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Memiliki fungsi lain sebagai ‘kantor’ berlangsungnya kegiatan rumah tangga keraton, sebagian komplek tempat ini telah dialihfungsikan menjadi museum. Pada obyek wisata ini,Anda akan menemukan berbagai koleksi milik kesultanan seperti halnya bermacam barang pemberian raja-raja Eropa sejak jaman dahulu, replika pusaka keraton serta koleksi gamelan.

Memiliki balairung-balairung mewah serta lapangan dan paviliun yang luas, keraton Yogyakarta digadang sebagai contoh arsitektur Istana Jawa yang terbaik. Namun demikian, ada pendapat yang mengatakan bahwa komplek bangunan yang pada tahun 1950 telah resmi tergabung sebagai wilayah kesatuan Republik Indonesia ini adalah tempat angker. Saat malam tiba, konon katanya sering terdengar alunan musik dari arah keraton. Terkadang juga terdengar suara kuda, padahal pada saat itu semua kuda miliki keraton seharusnya sudah berada di dalam kandang seluruhnya. Yang tidak kalah seram, kereta kuda milik keraton Yogyakarta pun konon sering berpindah tempat dengan sendirinya.

Dinilai sebagai tempat angker di Yogyakarta, penduduk sekitar meyakini barang siapa pun yang berkunjung kesana tidak boleh memiliki niat yang jahat. Apabila pengunjung yang datang tidak dapat menjaga sikap dengan baik selama berada di lingkungan keraton, maka dia akan sial. Mereka akan mendapatkan perlakuan yang buruk dari penunggu keraton. Adapun para penunggu yang ‘bertugas’ di keraton Yogyakarta tersebut dipercaya merupakan makhluk yang berasal dan berpusat di Gunung Merapi. Tempat penyimpanan pusaka keraton sendiri pun konon dijaga makhluk gaib yang memiliki kekuatan maha dahsyat. Terlepas dari kepercayaan yang menyatakan bahwa keraton Yogyakarta adalah tempat keramat yang angker, kita tentunya harus senantiasa menjaga perilaku dimanapun kita berada sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat tersebut. Apalagi jika tempat tersebut merupakan warisan sejarah yang patut dijaga kelestariannya.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *